Jumat, 22 Juni 2012

Jakarta(n) Dreams


Jakarta merupakan salah satu Magnet bagi negeri ini, Kota yang menarik Jutaan orang untuk datang, hanya untuk mengisi liburan, bekerja bahkan menetap dan menjadi warga Jakarta. Mereka hidup dengan harapan-harapan dan cita-cita yang berbeda-beda. Sekarang Jakarta telah berusia 485 tahun, saya mencoba mengadakan survey sederhana kepada teman-teman saya yang tinggal, lahir, bekerja ataupun hidup di sekitaran Jakarta saja. dan mari kita coba  tela'ah apa saja harapan mereka.




Every People's Dreams

Sumber : Jakarta.go.id

Jakarta bukanlah hanya milik penduduk Jakarta saja, sebagai Ibu Kota Negara ini, Jakarta adalah milik Indonesia, dia diperhatikan, menjadi sorotan publik, bahkan dunia saja sudah menilai dan baru-baru ini Jakarta masuk dalam 10 kota yang paling terburuk berdasarkan Artikel CNN, di Hari jadinya ke 485 tahun ini, Jakarta mengambil tagline Jakartaku Harapanku, Maka dari itu saya tergelitik untuk melakukan survey sederhana ini, saya mencoba bertanya ke 40 orang teman saya (melalui Social Media dan SMS),  Tentang Harapan Mereka di Ulangtahun Jakarta ke-485 tahun ini, dan berikut ini adalah 5 tertinggi dari Jawaban teman-teman saya, 


Sumber : Wikipedia 

1. Jakarta Bebas Macet (24%)

Harapan yang paling tinggi menyatakan ingin Jakarta Tanpa Macet, yap kemacetan adalah sesuatu yang sangat menjengkelkan dan hampir kita lihat setiap hari di Jakarta (kecuali pas lebaran :D). Lihat saja Time line orang-orang yang berangkat dan pulang menggunakan kendaraan sendiri atau umum (kecuali kereta) di pagi ataupun sore hari klo ga bilang Macet ya Macet ya Macet 

2. Jakarta yang Aman, Nyaman, Damai, Tentram.  Rapih dan Bersih (22%)

Rata-rata setelah mengatakan Jakarta Bebas Macet, kalimat selanjutnya adalah ini, semua orang ingin Jakarta yang Aman/ Nyaman/ Damai/ Tentram dan sebagian menjawab Rapih dan Bersih.  Banyak orang yang menginginkan Jakarta Aman, Nyaman dan bebas Kerusuhan (Damai dan Tentram), tapi tak bisa kita pungkiri juga bahwa Jakarta merupakan yang sangat komplek, banyak sekelompok masyarakat yang mencoba membela kepentingan kelompoknya bahkan dengan cara premanisme dan anarkis yang menganggu Masyarakat lainnya, Sebagian lagi ingin Jakarta yang Bersih dan Rapih, ada yang Membayangkan Jakarta seperti Singapura ataupun Tokyo. "I wish"

3. Fasilitas yang Lebih Baik (18%)

Harapan di Fasilitas yang lebih baik di tekankan oleh banyak teman-teman saya di Sistem Transportasi yang lebih baik mereka menginginkan Busway yang lebih layak dan Humanis, mengingkan angkot dan minibus yang tertib dan layak pakai dan juga mengingkan jalur air baik laut dan sungai juga bisa dipakai untuk transportasi.
Terus saya jadi kepikiran sebuah Transportasi yang lebih terintegrasi satu dengan yang lain (misal Kereta Api dengan Busway), sekarang sudah lebih baik tapi sistem pemindahan penumpang masih belum maksimal ada yang harus pindah dengan tidak nyaman walau berdekatan tapi belum meudahkan penumpang.

4. Jakarta yang Bebas Banjir (11%)

Saya kira banyak orang yang menginginkan Bebas Banjir bakalan di Nomor dua setelah macet, mungkin karena saya bertanya ketika beberapa hari ini tidak hujan. hehe. banjir bukanlah permasalahan baru, dari zaman dulu Jakarta yang merupakan daerah Pesisir pantai yang dilalui banyak sungai pastilah mengalami itu, namun sekarang kondisi ini diperparah oleh minimnya ruang terbuka hijau dan pola masyarakat yang masih tidak sadar dengan perilaku membuang sampah pada tempatnya yang menyebabkan banyak sungai yang tersumbat dan mempercepat dangkalnya sungai.

5. Ruang Terbuka Hijau dan Taman yang lebih banyak (7%)

Teman-teman saya banyak yang menginginkan Jakarta yang lebih Hijau, Kurangnya daerah resapan air dan tempat bermain anak menjadi sorotan tersendiri di Jakarta, karena kurangnya Ruang terbuka Hijau ini erat kaitannya dengan sering terjadinya banjir di Jakarta. Selain itu banyak dari mereka menginginkan Jakarta yang lebih rindang dan lebih asri 
Begitulah jawaban dari pertanyaan saya, tentang harapan-harapan teman-teman saya di ulangtahun Jakarta ke yang 485 tahun,  apakah ini merupakan Harapan semua orang, ya mungkin saja. Tapi harapan saya yang lebih besar adalah semua orang ikut berperan aktif dalam menciptakan Jakarta yang lebih baik.

Dreams Come True?


Sekarang Jakarta sedang mempersiapkan hajat besar, yaitu PILKADA yang akan terlaksana 11 Juli 2012, apakah Semua harapan teman-teman saya akan terwujud dengan terpilihnya seorang pemimpin amanah yang menepati semua janjinya ketika kampanye, walau sebagian besar bukanlah Warga DKI Jakarta (termasuk saya), maka dari itu tulisan ini hanyalah sebuah aspirasi berdasarkan pengamatan dari saya dan teman-teman saya, yang mungkin saja mengambarkan keseluruhan dari daftar keinginan masyarakat Jakarta.



Sumber 



Namun apalah daya seorang pemimpin yang terpilih tanpa dibantu dan didukung warganya juga, Yap seperti yang di tulis di atas semua harapan tersebut tak akan telaksana apabila tak ada peran serta yang lebih aktif dari masyarakat Jakarta. Seminimal mungkin dari diri sendiri, misalnya untuk Jakarta yang lebih bersih marilah kita buang sampah pada tempatnya, selain membuat Jakarta yang lebih bersih, semoga saja membuat Jakarta bebas dari banjir


Selamat Ulangtahun Jakarta! :)


Sekian dari saya, 

__________________________________
Catatan Kecil :
1. Silahkan melihat permasalahan Jakarta di Infographis  Kompas.com dan Tempo.co
2. Terimakasih buat teman-teman saya yang mau balesin SMS. :D