Minggu, 18 November 2012

Mengenal Maskot PILGUB JABAR Si Kasep dan Si Geulis

Buat saya Seperti lima tahun lalu, apa yang ditunggu  setelah pemilu Jakarta selesai, buat saya adalah pemilu Jawa Barat. hmm mungkin karena Jakarta ibu kota Republik Indonesia makanya saya perlu tahu siapakah yang pantas untuk menjadi gubernurmya walaupun saya bukan orang Jakarta, nah karena saya KTP nya JABAR mungkin saya menunggu PILGUB JABAR ini. Walaupun saya agak sedikit kecewa dengan maraknya artis yang jadi CAGUB atau CAWAGUB di PILGUB ini. 




SI KASEP DAN SI GEULIS


Pada Bulan 5 September kemarin KPU JABAR mengenalkan maskot PILGUB JABAR yang diberi Nama Si Kasep dan si Geulis yang mengantikan maskot pemilu jabar yang biasanya di pegang oleh karakter wayang yaitu si Cepot. Si Kasep yang merupakan kepanjangan dari Kawasan Sehat Pemilu dan Si Geulis atau Gerakan untuk Pemilu Sehat
Cepot yang menjadi Maskot PILGUB 2008

Si Kasep
Si Geulis


Kasep, merupakan perwujudan agar Jawa Barat menjadi kawasan sehat Pemilu, sesuai dengan motto “dalam raga yang sehat terdapat jiwa yang kuat”. Geulis, mengartikan sebuah gerakan untuk memilih secara sehat. Karenanya, ia mengajak segenap stakeholder agar menyikapi pelaksanaan pilgub secara sehat, sehingga Pilgub 2013 benar-benar berlangsung Luber (lancar, umum, bebas dan rahasia) dan Jurdil (jujur dan adil).

Maskot Si Kasep dan Si Geulis  merupakan simbolisasi dari Gedung Sate yang identik dengan Jabar. Maskot Pilgub ini didominasi warna putih dengan bagian atap, lengan dan kuping berwarna abu-abu. Sementara bagian tangan dan kaki berwarna oranye.

Keduanya sama-sama memegang paku yang menyimbolkan paku untuk mencoblos nanti. Sementara salah satu maskot memegang papan bertuliskan 'Minggu 24 Februari 2013' yang merupakan pelaksanaan pencoblosan.

Walaupun sepertinya Si Kasep dan Si Geulias ini tampilannya sederhana bentuknya, mungkin terselip doa untuk Kasep dan Geulis karena Kasep dalam bahasa sunda berarti Tampan atau Ganteng dan Geulis dalam bahasa sunda bisa di artikan Cantik, nah doa saya buat PILGUB JABAR ini adalah semoga terpilih Pemimpin yang Tampan atau Cantik hatinya, menjalankan amanat rakyat dengan baik dan mempunyai budi pekerti yang baik juga.
-------------------------------------------------------------------------------
“Maskot Kasep artinya harapan kami, Jabar jadi kawasan sehat pemilu. Sedangkan Geulis adalah permintaan pada masyarakat untuk memilih secara sehat,” - Ferdiman Komisioner KPU JABAR 
-------------------------------------------------------------------------------

APA GUNANYA MASKOT


Dalam sebuah acara sering kali kita menemukan MASKOT, apalagi acara Olahraga seperti piala dunia maupun Sea Games yang kemarin digelar dengan Maskotnya Modo dan Modi, nah begitu pula dengan acara PILGUB di beberapa tempat di Indonesia juga menggunakan Maskot seperti Kota Depok dengan Maskot Buah Belimbingnya ataupun tempat lain. 
-------------------------------------------------------------------------------
mas.kot n orang, binatang atau benda yang diperlakukan oleh suatu kelombok sebagai lambang pembawa keberuntungan atau keselamatan - Kamus Besar Bahasa Indonesia 
-------------------------------------------------------------------------------

Maskot merupakan bagian dari branding yang membawa visi dan misi tertentu, mungkin membawa keberuntungan, keuntungan maupun sebagai penyemangat dan mengenalkan suatu produk ataupun acara kepada masyarakat.

Nah pas di googling ternyata Si Kasep dan Si Geulis udah mulai beraksi di jalanan dan di acara-acara KPU, mari kita lihat aksi mereka di dunia nyata ya semoga dengan adanya si Kasep dan si Geulis Proses pemilihan Gubernur di Jawab Barat ini benar-benar Rahasia, Sehat, Jujur dan Adil

Si Kasep dan Si Geulis Beraksi di jalanan
Sumber : Banyak Sumber 
-------------------------------------------------------------------------------
Catatan Kecil :
1. Blog ini juga punya maskot yaitu yang bernama idean yang bisa di cek postingan ini 
2. kalau saya melihat badut di sini tiba-tiba saya ingat rasanya menjadi badut 

-------------------------------------------------------------------------------
Sumber Gambar :