Minggu, 13 Januari 2013

Berkomunikasi dengan Masa Lalu di Museum Pos Indonesia



Setelah mengunjungi Museum Geologi di Bandung, saya tiba-tiba jadi berpikir mumpung saya lagi di Bandung bagaimana kalau saya mengunjungi beberapa museum di Kota Bandung mumpung saya bisa main. Setelah bertanya pada mbah Google, ternyata dari Museum Geologi saya bisa berjalan kaki ke Museum Pos karena ada di seberang Museum Geologi Bandung. (Kurang Lebih 200 Meteran)




Sekilas tentang Museum Pos Indonesia
Museum Pos Indonesia terletak di Jalan Cilaki, No. 73 Kota Bandung, Gedungnya masih satu kompleks dengan Gedung Sate. Seperti halnya Museum Geologi, Gedung Museum Pos Indonesia berarsitektur khas zaman Belanda, Gedungnya bersih dan yang unik adalah pintu masuknya yang harus menaiki tangga besi dan di depannya ada sebuah kotak pos zaman dulu yang berwarna biru dan oranye.


Pintu Masuk Museum, maaf tangga nya lupa kefoto ternyata

Museum ini berdiri sejak 27 Juli 1920 pada jaman Hindia Belanda dengan arsitek Ir. J . Berger dan Leutdsgebouwdienst. Mulai digunakan pada 1933 dengan nama museum Pos Telegrap dan Telepon. Sempat terbengkalai saat Perang Dunia II, namun setelah merdeka, pada 27 September 1983, museum ini diresmikan untuk umum oleh menteri Pariwisata dan Telekomunikasi, Achmad Tahir dengan nama Museum Pos dan Giro. Kemudian pada tanggal 20 Juni 1995 karena nama dan status perusahaan berubah dari Perusahaan Umum Pos & Giro menjadi PT. Pos Indonesia, maka nama Museum Pos dan Giro juga ikut disesuaikan menjadi Museum Pos Indonesia. (Travel In Indonesia)

Berkomunikasi dengan Masa Lalu 
Jika Museum Geologi di bilang ramai, Museum Pos Indonesia ini bisa di bilang sangat sepi. Saya kira gara-gara saya datang ketika museum ini sedang diperbaiki, namun ternyata ketika saya membaca beberapa postingan blog yang menceritakan Museum ini bisa dibilang emang butuh teman kesana, karena sepi betul, waktu saya masuk saya hanya sendirian namun ketika saya keluar ada 4 siswa SMP yang masuk karena ada tugas. 

Beginilah Gambaran Pak Pos Zaman Dulu

Buat teman-teman yang menyukai filateli, mungkin akan menyukai tempat ini, karena di tempat ini banyak perangko. katanya dari 178 Negara ada di museum ini, dan juga ada perlengkapan Pos dari masa ke masa. ada yang menarik di tempat ini yaitu replika dari perangko pertama di dunia yang disebut "The Penny Black" yaitu sebuah perangko dari Inggris yang terbit pada tahun 1840.



The Penny Black
Jangan salah loh, mungkin saja salah satu dari perangko diatas ada yang bernilai puluhan juta. Tapi sayang melihatnya agak susah perangkonya, karena tidak  disediakan alat bantu seperti kaca pembesar untuk melihat detail dari perangkonya dan koleksi perangkonya di simpen secara horizontal bukan vertikal menyebabkan saya susah melihat perangko di tempat yang paling atas.

-----------------------------------------------------------------------------
Museum Pos Indonesia
Jl. Cilaki No. 73, Bandung
Telp : 022 – 4206195
Jam operasional : 09.00 – 16.00
Tiket masuk : gratis
-----------------------------------------------------------------------------
Selain ada perangko, ada juga peralatan pos dan giro dari masa ke masa, sepeda ontel, berbagai patung peraga seperti halnya dibawah ini:





-----------------------------------------------------------------------------
Catatan Kecil :Mungkin buat sebagian teman-teman, apalagi yang masih muda belia, benda pos-pos tersebut mungkin keliatan seperti rongsokan. tapi buat ayah, ibu, kakek atau nenek kita benda-benda tersebutlah yang menyatukan banyak pasangan-pasangan LDR se Indonesia. bayangin tanpa bantuan pos, mungkin orang-orang dizaman dahulu ga bisa berkomunikasi jarak jauh, karena belum ada hape atu internet seperti sekarang. Waktu SMP-SMA saya pernah mencoba berkirim surat seperti itu, rasanya memang beda dengan SMS atau e-Mail yang cepat sampai, berkirim surat itu mengajarkan kita arti menunggu balasan. Aih~ Oya nambahin, saran aja sih, karena tempat ini begitu sepi disarankan membawa teman-teman supaya lebih ramai lagi pula masuk ke tempat ini gratis kok ^^
-----------------------------------------------------------------------------

-SELAMAT TAHUN BARU 2013 -