Senin, 24 Juni 2013

Ketika Para Monster Masuk Universitas



Setelah sukses dengan Monster Inc (2001), Disney dan Pixar membuat prequel dari film Monster Inc. yaitu Monster Univesity. Film ini masih berkisah tentang Mike dan Sulley, namun kisah Mike dan Sulley ini berlatar belakang bangku universitas, yang penuh dengan adegan ajaib dan lucu para monster di bangku kuliah.







Monster University adalah sebuah universitas untuk para monster, layaknya universitas di dunia manusia, monter university juga mempunyai beberapa jurusan, unit kegiatan untuk para mahasiswa dan juga asrama,

Cerita ini diawali dengan Mike Wazoswki kecil yang diajak study tour ke Monster inc, setelah melihat dan bertemu dengan para pekerja di tempat itu, Mike Kecil sudah bercita-cita untuk masuk Monster University, dan masuk program menakut-nakuti (School of Scarring) dan dia bertekad untuk menjadi monster yang paling menakutkan walaupun bentuknya sangat imut.


-------------------------------------------------------------------------------
I've been waiting for this my whole life! I'm gonna be a scarer! - Mike Wazowski
-------------------------------------------------------------------------------

Setelah beberapa tahun kemudian Mike kecil telah beranjak menjadi Mike dewasa yang tetap disepelekan oleh orang sekitar, tapi tetap saja dia selalu ambisius untuk mendapatkan hasil yang terbaik di School of Scarring dan menjadi monster yang paling menakutkan sebagai bekal masuk Monster Inc. Dia bertemu dengan banyak monster lainnya di universitas ini, termasuk Sulley yang akan menjadi partner sepanjang hidupnya dan juga Randall teman sekamarnya yang di Monster Inc (2001) adalah tokoh jahat. 

Persahabatan Mike dan Sulley diawali dengan sikap saling bermusuhan, dimana Mike yang berjuang mati-matian agar tidak disepelekan oleh yang lainnya, namun Sulley yang terkenal tapi menyepelekan setiap mata pelajaran menyebakan dia mendapatkan nilai yang kurang baik.

Namun ketika test penentuan, Mike dan Sulley bukanya saling mendukung tapi malah bertengkar yang menyebabkan Dekan Universitas yang begitu legendary, bernama Hardscrabble harus memindahkan Mike dan Sulley ke program lain. Bagaimana Mike dan Sulley menemukan jalan pulang kembali ke Jurusan tercinta mereka, dan menjadi monster yang paling menakutkan di Monster University? 

Banyak Belajar dari Kegagalan Mike Wazowski

Kisah Mike dan Sulley di Monster University, menurut saya tidak seapik cerita di film pertamanya yaitu Monster Inc, tempo cerita yang mengalir lambat, kurangnya adegan lucu dan memorable membuat film ini agak membosankan buat saya.


Namun dari segi isi cerita, film ini sangat baik buat ditonton buat para remaja dan anak-anak, bagaimana perjuangan Mike untuk dapat sekolah di tempat terbaik namun harus berakhir tragis dengan dikeluarkan, tapi di ujung film kita akan melihat bagaimana caranya Mike dan Sulley bisa menjadi monster yang paling menakutkan di Monster Inc.

Buat teman-teman yang lagi ikut test seleksi masuk Universitas, namun gagal atau takut gagal mungkin bisa belajar dari film ini, bahwa kesuksesan bukan berasal dari bangku kuliah saja, ada banyak cara. namun disetiap cara selalu harus punya ketekadan hati dan kesungguhan hati yang dilakukan dengan sunguh-sunguh, bila itu telah dilakukan tanpa pernah putus asa, hasilnya akan mengejutkan banyak orang. 

-------------------------------------------------------------------------------
Director by Dan Scanlon | Writers by Robert L. Baird, Daniel Gerson, Dan Scanlon | Starings: Billy Crystal (Mike), John Goodman (Sulley), Steve Buscemi (Randy), Helen Mirren (Dean Hardscrabble) | Production by Pixar Animation Studio, Walt Disney Pictures |2013 | Running Time 110 Minute | USA
-------------------------------------------------------------------------------