Kamis, 06 Februari 2014

8 Tipe Kreatifitas


Hai hello, apa kabar? Bagaimana kabar kalian semua?  hari ini saya mau bahas tentang tipe-tipe kreatifitas, sebenarnya ini sudah jadi draft di laptop sejak lama sekali, Sumbernya pun sudah saya baca dua tahun yang lalu lah (dan saya harus mengulang kembali membaca ini, ahaha), mungkin sebagian teman-teman ada yang pernah membacanya? tapi ketika saya menemukan ini diantara puluhan file yang ada dilaptop saya saya tergugah untuk membaginya keteman-teman yang lain. mungkin bisa lebih bermanfaat buat temen-teman yang lain.



Ide tulisan ini berasal dari slide presentasi milik Jason Theodor seorang Creative Director yang telah menangani 40-an brands yang terkenal.  Mengaapa saya ingin membagi ini kepada teman-teman? karena saya rasa ini merupakan sebuah gagasan yang baik untuk dibaca oleh teman-teman semua, supaya kita tahu dimana posisi kita dalam kreatifitas dan bisa mengasahnya lagi. ^^

Apa itu kreatif? 

Apa ya yang dimaksud dengan kreatif? mempunyai banyak ide, dapat memecahkan masalah dengan cara yang unik, atau apa? kalau menurut KBBI Kreatif itu memiliki daya cipta atau kemampuan menciptakan yang membutuhkan kecerdasan dan imajinasi.

apa kata Jason Thedore mengenai kreatif:?


Creativity is the act of connecting things in unexpected ways. ada tiga kunci utama dari kalimat itu yaitu action, connection dan deviation yang merupakan elemen dari kreatifitas. 




------------------------------------------------------------------------

Tipe-Tipe Kreatifitas :

dari ketiga elemen tersebut, Jason membagi 8 jenis tipe kreatifitas yaitu sebagai berikut:

Consumer/Taker


pada tipe ini kita harus waspada, karena tandanya kita cuma jadi penonton saja menikmati hasil karya orang lain tanpa ikut berkontribusi bersama-sama, 

Empath/Complicator


orang dengan tipe ini dapat berpikir sesgala kemungkinan dan mengerti menyatukan banyak ide  namun seringkali tidak bisa menyampaikannya dengan baik menjadi nyata atau menjadi ide yang original

Mimic


Seseorang dengan tipe ini dapat mengikuti perintah dengan baik dan dapat menduplikasi banyak karya namun tidak mengerti apa yang mereka kerjakan

Crazy


orang dengan tingkat toleransinya tinggi harus banyak diberitahu apa yang mereka harus lakukan kalau tidak ia tidak bisa menyatukan apa yang mereka kerjakan lalu tidak pernah menyelesaikan pekerjaan itu.

Dreamer


orang dengan tipe ini penuh dengan ide yang kreatif, namun mereka seperti tipe crazy susah menyelesaikan apa yang mereka kerjakan, seringkali terimidasi dengan kenyataan dan lebih menyukai untuk menyimpan ide mereka dalam pikiran mereka.

Outsider


mereka yang memliki tipe ini mereka mempunyai karya yang banyak namun seringkali tidak bisa dilihat oleh orang banyak.

Producer


orang dengan tipe ini dapat menciptakan banyak ide menjadi kenyataan namun bukan dari ide original mereka. 

Creator/ Maker


tipe ini adalah tipe kreator yang seimbang antara aksi yang produktif, membuat jadi kenyataan dari ide yang ia buat sendiri. 

Dari kedelapan tipe tersebut mungkin saya masih di tipe kreator yang dreamer,  karena saya masih merasa kontribusi saya atau action saya masilah sangat kurang, tapi ternyata dari kedelapan tipe kreatifitas itu dapat dibuat alur belajar kita supaya lebih kreatif yaitu dengan membentuk jalur atau path yang membawa kamu menuju ke tipe Creator

merasa berada di tipe kreatifitas mana kah kamu?
jika kamu merasa?






nah dari modal yang kita punya sekarang itulah kita bisa membentuk kreatifitas kita, tenang Jason memberikan peta bagaimana kita bisa mencapai posisi Creator yaitu dengan cara melihat peta ini,





------------------------------------------------------------------------
nah kalau kamu merasa tertarik untuk membaca lebih lengkap silahkan bisa membaca slide presentasi dari Jason theodore berikut ini..





semoga bermanfaat bila ada kesalahan kalimat mohon dimaafkan, ^^
terimakasih atas perhatiannya
@ndibudi