Senin, 10 Maret 2014

Liputan dari Japan Kingdom of Characters

Siapa yang bisa menyebutkan karakter anime dari Jepang? pasti banyak yang bisa menyebutkan lebih dari 5, saya mungkin bisa menyebutkan ratusan. hehehe, kemarin saya datang ke pameran seru di galeri nasional, pameran yang meng-capture Jepang sebagai kerajaan karakter yaitu "Japan Kingdom of Characters" yang acaranya dimulai dari tanggal 4 - 23 Maret 2014 di Galeri Nasional dari Senin - Minggu jam 10.00 - 19.00, yuk intip disana ada apa saja. :D




Japan Kingdom of Characters


Buat saya yang dari kecil sudah keracunan anime dari Jepang, melihat pameran ini adalah surga. Saya dapat mengenang berbagai film yang saya tonton dari kecil, saya bisa ketemu Ultraman, Robot Gundam, Pikachu, Hello Kitty dan berbagai tokoh aneh lainnya yang ada disana walau hanya bentuk poster saja tapi itu sudah bisa bikin saya senyum-senyum sendiri sambil bilang dalam hati saya, gila ya saya dari kecil udah nonton ratusan film kartun >.<


Disini kita bisa lihat betapa karakter-karakter tersebut mempengaruhi masyarakat jepang sendiri dan juga masyarakat dunia, di Jepang di setiap distrik mempunyai tokoh sendiri yang mengambarkan daerah tersebut, eh sebentar, di Indonesia pun begitu? coba ingat kekhasan apa saja di setiap kota di Indonesia dan itu bisa dijadikan karakter yang khas dari daerah tersebut dan bayangkan betapa serunya bila karakter-karakter itu bisa menjadi souvenir khas daerah tersebut, bila ada yang bertanya ke saya mengapa saya sering kali buat tulisan tentang Maskot pemilu? kamu bisa tau sendiri mengapa saya lakukan itu. ^^



dari pameran ini saya sadar sesuatu, di Jepang anime adalah kebudayaan sehingga membentuk ikatan yang khas dan sangat dekat dengan masyarakat jepang sendiri, dan itulah yang mucuk di otak saya, bagaimana kita bisa menciptakan karakter yang kuat dan bisa diterima masyarakat? bukan saja menjadi maskot semata, yang hanya menjadi biaya produksi namun juga bisa menghasilkan uang dalam penjualan merchandise?  nah siapa yang bisa jawab. ahaha 

oya karena acaranya sampai tanggal 23 Maret ini dan sabtu-minggu pun buka, buat teman-teman yang tertarik datang silahkan datang dan selamat berinterakdi dengan karakter-karakter hebat dari jepang ^^

------------------------------------------------------------------------
Catatan Kecil:
Sedih sih ga ada Doremon, coba kalau bisa ketemu Doraemon T^T