Kamis, 30 Oktober 2014

Belajar dari Para Inventor Muda di IEYI 2014

Hai, halo, apa kabar semua? Semoga teman-teman yang sedang membaca blog saya ini selalu diberikan kesehatan. Sudah lebih dari lima bulan saya tidak memposting apa-apa disini, mungkin ada beberapa teman-teman yang sudah cerewet menanyakan kapan saya posting blog, mungkin ini bisa mengobati rindu . *alah*








Hari ini saya diajak ke sebuah acara internasional di Jakarta yaitu the 10th International Exhibition for Young Inventor (IEYI) 2014 yang diadakan di SMESCO Exhibition Center, Jakarta yang acaranya dimulai dari hari ini 30 Oktober sampai 1 November 2014, acara ini di buka untuk umum dan gratis.


Disini kita akan melihat banyak invensi dari para inventor muda dari 12 Negara, totalnya katanya ada 202 invensi yang terdiri dari 60 Invensi asal Indonesia dan 142 invensi dari negara lainnya. Inventor muda ini adalah anak-anak usia SD - SMA yang mempunyai kegiatan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Saya terpukau melihat para inventor muda (bahkan bisa saya sebut cilik) ini begitu semangatnya ketika menjelaskan invensi mereka, baik dengan gambar, alat peraga, bahkan praktek langsung sambil berdikusi dengan banyak orang. 

Salah satu stand yang berkesan adalah ketika di stan Taiwan, disana sekelompok inventor muda yang kira-kira umurnya 8-9 tahun menjelaskan tentang invensi mereka mengenai alarm untuk mendeteksi pergerakan anak kecil, bila anak kecil itu lewat tanpa adanya orang tua alarm itu akan berbunyi. Mereka menjelaskan cara kerja sensor tersebut dengan boneka beruang besar dan boneka beruang kecil dan itu ngegemesin, apalagi dengan cara mempresentasikan mereka yang lucu. 

Dari manakah ide-ide mereka, ada beberapa ide yang muncul karena hal-hal sederhana misalnya ada invensi yang berasal dari hewan peliharaan, 2 orang anak dari SDK IPEKA Internasional membuat auto pet feeder untuk ikan hias yang sederhana dan mudah dibuat, sementara seoarang anak taiwan membuat meja yang dapat mencegah seorang anak menjadi myopia akibat salah posisi duduk saat membaca, dengan sensor tersebut anak dapat tau posisi yang baik ketika mengerjakan / membaca buku di meja tersebut.


ide yang lain, misalnya seorang invetor membuat sebuah panci yang dapat memberikan alarm bila masakan sudah matang, invensi ini bisa dibuat karena rumah inventor ini hampir kebakaran ketika ibunya lupa mematikan kompor ketika memasak, atau ada anak Taiwan yang suka memasang poster namun ketika ia memasangnya ternyata hasilnya selalu miring, dia membuat sebuah alat bantu sederhana yang dapat membantunya dalam memasang poster tersebut. 

Melihat semangat mereka saya tersadar, bahwa inovasi seringnya terjadi karena masalah-masalah kecil yang dihadapi sehari-sehari dengan metode yang baik dan juga bimbingan dari banyak pihak mereka dapat membuat ide mereka menjadi suatu kenyataan, bahkan saya melihat bahwa beberapa ide-ide anak-anak Taiwan sudah ada beberapa yang terdaftar hak patennya di negera mereka, padahal mereka masih-masih sangatlah muda. Bagaimana dengan negara kita? dari tadi saya mondar mandir saya belum menemukan yang terdaftar hak patennya, Semoga saya salah, karena saya belum mengunjungi semua stan anak Indonesia. Mendengarkan presentasi setiap anak sekitar 15 menitan tak akan cukup seharian, mungkin nanti sabtu ini saya akan berkunjung lagi dan mendengarkan ide-ide hebat mereka.

Sebenarnya masih banyak ide-ide hebat yang bisa saya tangkap dari anak-anak hebat tersebut, namun kalau diceritakan semua tak akan asyik, mending teman-teman semua datang dan berkunjung ke acara ini, banyak ilmu berharga dari pemikiran sederhana anak-anak ini. Maka dari itu marilah kita berkunjung, ke gedung SMESCO karena acaranya dimulai dari tanggal 30 Oktober sampai 1 November 2014. Acaranya gratis loh

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca
Andi Budiansyah 
Twitter : @ndibudi

------------------------------------------------------------------------
Catatan Kecil : 

  1. Ini saya baru berkeliling di stand 3 negara saja, yaitu Indonesia, Jepang dan Taiwan belum semua stand saya kunjungi, (masih ada 9 negara lagi ahaha)
  2. Informasinya saya dapat dari : http://ieyi.lipi.go.id/, dan http://news.okezone.com/read/2014/10/30/65/1058833/peneliti-muda-dunia-pamer-invensi-di-ieyi-2014
------------------------------------------------------------------------